SELAMAT DATANG

.......................

DI WEBSITE RESMI

...................

SMP NEGERI 3

........................

KOTA SUNGAI PENUH

..........................

PROVINSI JAMBI

.................................

www.smpn3sungaipenuh.net

.................................

About

SELAMAT DATANG DI WEBSITE SMPN 3 SUNGAI PENUH

Rabu, 13 November 2013

KEGIATAN UKS

 Kegiatan UKS :  Setiap Hari JUM’AT

Diare, hindari dengan Cuci Tangan dooong…!
               
Kegiatan UKS merupakan wadah bagi siswa untuk mengenal dan mengetahui beberapa penyakit dan gejalanya, dengan kegiatan ini siswa menjadi mengetahuinya. Kegiatan UKS sudah semakin membuat para siswa sangat menyukai kegiatan ini, yang dibina oleh ibuk Egi. Pada hari Jum’at para siswa mendapatkan ilmu yakni praktek mencuci tangan dengan baik, ternyata penyakit bisa tertular melalui tangan yang kotor, karena tak jarang kita tidak mencuci tangan diwaktu makan, terutama waktu kita jajan dikantin.
C
U
C
i

T
A
N
G
A
N

 

Penyebab Diare

·         Infeksi yang disebabkan bakteri, virus atau parasit
·         Imunodefisiensi yaitu kekebalan tubuh yang menurun.
·         Adanya gangguan penyerapan makanan atau disebut juga Malabsorbsi.
·         Makanan dan  minuman yang basi/menggunakan zat pewarna berlebihan
·         Menggunakan air kotor dalam keperluan sehari-hari
·         Makan dengan tangan yang kotor
·         Minum air yang tidak dimasak
·         Buang air besar sembarangan
·         Makanan yang dihinggapi lalat/ kena debu karena makanan tidak di tutup
Hal yang harus diingat untuk menghindari penyakit diare: CUCI TANGAN, dianjurkan untuk mencuci tangan secara teratur terutama sebelum. Makanan yang harus dihindari: daging yang mentah atau tidak diolah, hidangan laut, ikan, susu dan keju yang belum diolah, daun selada dan sayuran mentah. Buah harus dikupas dengan pisau yang bersih. Susu dan air dapat diolah dengan cara direbus hingga mendidih dan dibiarkan hingga dingin. Air mineral dalam botol aman untuk dikonsumsi.
               
Kegiatan siswa memperhatikan penjelasan ibuk Egi dan praktek cuci tangan oleh kak Dini;
Disela-sela kegiatan UKS di bawah ini photo ketua bulletin UKS SPENGA (dinda frestica) bersama ketua kelas VIII (vivi) yang sedang mengecek majalah bulletin SPENGA. 
 

MARI SOBAT KITA BERGABUNG DALAM KEGIATAN UKS. KITA BANYAK MENDAPAT ILMU KESEHATAN DAN PERSAHABATAN KITA SMPGA MENJADI AKRAB DAN SELALU BERSEMI LAKSAMANA MATA HARI SELALU MENYINARI DUNIA INI. !!!! TRIM’S

Kegiatan UKS di sore hari berjalan dengan hikmat dan disenangi siswa dan semoga kegiatan ini kedepan bisa memotifasi kita-kita di dalam mengetahui bahaya penyakit. Sobat mari bergabung dengan kita dalam mencari ilmu dan mengetahui segala macam penyakit. trims #@Dinda




Biografi Sang Mantan Ketua OSIS

 Profil :                                                            
Biografi Sang Mantan Ketua OSIS

      Sobat masih ingatkan dengan ketua kita yang ganteng ini, mungkin sobat-sobat semua udah tahu sama orang yang ada di photo ya! Benar , orang yang ada di photo adalah steven, atau yang sering di panggil bang tipen. Berikut ini adalah hasil wawancara bulletin SPENGA UKS sama bg tipen. Pada hari senin , 23 september 2013, di ruang UKS spaga. pasti sobat-sobat semuanya udah penasaran sama biografinya steven kan? Oke, berikut ini adalah biografinya :

Nama lengkap           : Steven Marindra putra                      
Panggilan                  : Steven 
Ttgl/bln/thn lahir       : 24 maret 1997 
Alamat                      : karya bakti 
Hobi                          : basket/olahraga                    
Idola                          : kobe Bryant 
Makanan kesukaan   : bakso + NASI         
Minuman kesukaan  : teh manis                                         
Warna favorit            : hitam,merah,putih,biru     
Siaran TV favorit      : trans TV                                    
Film favorit               : ON THE SPOT 
Daerah asal               : padang , baypas                    
Mapel favorit            : IPA & IPS                                  
Anak ke-                   : tunggal                                      
Music favorit            : REGE  
Grup band favorit     : A7X
Selama menjabat ketua OSIS bg tipen sudah menjalani sebagai ketua OSIS dengan sukses. Harapan beliau “Ketua OSIS yang baru dapat memajukan SMP 3 ke lebih maju”. Ketika ditanya bagaimana kondisi siswa SMP 3 sekarang, bg tipen menjawab “Siswa kita kurang mau diajak kompak, maunya jalan sendiri, semoga dengan ketua yang baru siswa SMP 3 bisa kompak dan kegiatan ekstrakurikuler bisa banyak diadakan, dengan itu kita-kita bisa lebih aktif dan kreatif, dengan adanya buleti ini juga memotifasi kita untuk selalu berkarya, oke kan.” Wah ide pas tuh, semoga sobat SMPGA semangat ya menuju hari yang akan datang. *&Duke’
Hewan peliharaan

TAUSYIAH


Tausyiah :                                       
Zina mata

Zina mata itu adalah sesuatu yang wajib dan harus kita hindari sebagai contohnya, kita nonton pornography , melihat aurat yang bukan mukhrim kita , dan termasuk kita menggunakan mata kita untuk mengamati hal-hal yang tidak di benarkan oleh agama, terutama agama islam . sebagai contohnya, kita memiliki HP tetapi di dalam HP dipenuhi oleh gambar-gambar yang tidak senonoh atau tidak layak di lihat oleh kita yang berprofesi sebagai seorang pelajar.
Televisi , yang ada dirumah kita massing-masing dengan sengaja kita mencari acara yang mengakibatkan perzinaan pada mata kita, seperti menonton sinetron yang bertentangan dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat (norma agama & kesusilaan) . dan menggunakan pakaian  (busana) yang trasparant , ketat, mini, sehingga menampakan aurat-aurat . hal ini juga akan memancing  zina mata terhadap orang yang memandangnya.  Oleh karena itu , bagaimanapun canggihnya technologi, dan era globalisasi kita tetap berprinsip bahwa aturan-aturan dalam agama adalah nomor wahid (1) yang tidak bsa di tawar-tawar oleh siapapun dan wajib untuk dilaksanakan, baik dlm kehidupan pribadinya, keluarganya, bangsa, Negara , dan masyarakat.

Himbauan  :
1.        Marilah kita bersama-sama menonton film baik di HP, TV, internet maupun di BIOSKOP pilihlah film-film yang tidak memancing mata kita berzina .
2.       Marilah kita bersama-sama membaca buku yang tidak mengarah pada bacaan pornography.
3.       Banyak-banyak lah bertawaqal dan berzikir.
4.       Setiap teknologi gunakanlah yang tujuannya positif / bermanfaat .
5.       Yang tidak kalah penting nya dirikan solat karena solat adalah tiang agama.
6.       Peringatan bagi kita sebagai pelajar tugas yang harus kita embankan adalah belajar dan belajar ibadah jalan terus.
7.       Jadikanlah diri kita hari ini lebih baik dari hari kemaren , dan hari esok lebih bik dari hari ini

“ Jangan TanyakanAPA yang Pernah Orang Lain Berikan KepadaMu, TanyakanLah Kepada Diri Mu Apa Yang Pernah Engkau Berikan Kepada Orang Lain ….! “

Sumber: HJ.HADIAH S.pd /PKn



PUISI









Puisi :
Kaca jendela

Mata ini kian licin, meluncur begitu saja
Melompat dari kaca jendela yang nyala
Bahwa telapak tangan ini sungguh berpola
Menggambarkan aneka rupa dan warna
Pada kepala kita, kota-kota tumbuh begitu saja
Menandai peristiwa
Bahwasanya, memandang adalah yang paling lapang menghadirkan peluang
Berdandanlah sedemikian rupa
Maka engkau akan melupakan segala macam pura-pura yang kian nyata
Ada yang berhari-hari,disetiap pagi ia lebarkan lengan
Pada jam-jam yang tak kunjung padam menayangkan perdagangan
Sementara ada pula yang sengaja menggadaikan harga demi lapar yang tak kunjung terjual
Di luar sana, dikaca jendela. Aku melihat lady gaga tengah asik membuat gebrakan
Membuat orang-orang kehilangan tangan
Sebab hal yang di sebut senjang
Oleh : salu welyam.p.



Mata bagian dari Cinta

Mata begitu indah bila memandang yang indah
Mata akan begitu kotor bila melihat yang kotor
Mata cerminan cinta yang indah
Mata gambaran cinta yang indah
                Ketika mata tak dikotori, Hati akan Indah
                Ketika mata tak dikotori, Pikiran akan indah
Ketika  mata tak dikotori, Jiwa akan indah
Ketika mata tak dikotori, Iman akan indah
Begitu Indah mata ku
Begitu aku jatuh cinta dengan mata indah ini
Ya…Allah tolong peliharan mata ini
Dari kotoran dunia
Oleh: Ibuk Egi

CERPEN




Cerpen :                               
Teman Facebook
            Di facebook ada yang mengomentari tulisan-tulisan ku. Begitu juga dengan ku, aku sangat suka kepada monika karena dia seorang penari balet dan anak orang kaya. Di-facebook aku mengaku sebagai anak orang kaya, gengsi dong kalau aku bilang bahwa aku ini anak yatim piatu. Karena monika selalu mengirimkan photonya kepadaku, aku pun juga begitu . aku tak ingin mau mengalah, karena monika selalu mengirimkan photonya yang sedang menari balet, dan aku mengirimkan photoku yang sedang berada di pantai bali. Walau sebenarnya itu hanyalah hasil editan ku yang lumayan sempurna.
Sudah 4 bulan aku saling mengenal dengan monika. Kami pun semakin akrab, dan kami berdua pun tak segan-segan mengeluarkan isi hati kami . suatu hari, mas joko seorang pengurus panti asuhan mengumpulkan anak-anak panti diaula, aku terheran karena tidak biasanya di panggil keaula. Terdengar suara mas joko berteriak “DIIIAAAAMMM!!!” itu sih memang sudah biasa di lakukan mas joko, karena anak-anak selalu ribut.  
Tangan mas joko mulai mengambil kertas yang ada didalam tasnya lalu ia membuka perlahan kertas tersebut, dan mulai membacanya “ pemberitahuan kepada anak-anak panti asuhan merah jambu, bahwa ibu sinta seorang  penyandang dana yang sangat baik hati tersebut akan membuat pesta ulang tahun putri sulungnya dipanti asuhan merah jambu ini besok siang, sekian dan terima kasih “ . Begitu lah sifat mas joko, selesai memberitahukan surat tersebut  ia langsung lari seperti orang yang sangat sibuk. namun, aku senang karena sebentar lagi akan ada acara yang meriah. Aku pun tak sabar menunggu.Keesokan harinya kami sudah mempersiapkan segala sesuatu pernak pernik pesta, dan kami semua sudah berkumpul di ruang tengah panti sambil menunggu kehadiran ibu sinta.
Tak lama kemudian, terdengar Hai namaku Nira, aku anak yatim piatu , aku tinggal di panti asuhan merah jambu. Aku punya key pad, atau sahabat facebook . namanya monika. Awalnya kami berteman lewat internet, monika selalu me-like suara seperti rem mobil berhenti di depan panti, lalu ada seorang gadis cantik yang sebaya denganku duduk di atas kursi roda dengan kepala menunduk, dan ibu sinta yang mendorong kursi roda gadis  cantik itu. Saat gadis tersebut memperlihatkan wajahnya barulah aku tersentak karena gadis cantik itu adalah monika , aku langsung berlari menghampirinya, “monika kan?” , ia pun menatapku dengan serius , “eh,, nira?.
Kamu kok ada disini bukannya kamu pergi ke bali ?” , aku tak sanggup berkata-kata “ maafkan aku, aku hanyalah seorg anak panti, dan foto-foto itu adlah karya editan ku,, loo? Bagaimana dengan mu seharusnyakan kamu kursus balet hari ini?” . setelah saling terdiam beberapa saat , monika pun memegang tangan ku dengan lembut  “ kamu gak liat aku nira?, aku lumpuh!” , aku pun memeluk monika .. “ kita sama-sama salah, jadi tak perlu sedih. Inikan hari jadimu monika?” , kemudian monika pun mengajakku untuk meniup lilin bersama-sama dg nya.%@Atika

BERITA KESEHATAN

Berkes : berita kesehatan.

Kesehatan MATA itu penting looo !

Hai sobat-sobat spaga.. di berkes kali ini kita membahas tentang mata , atau dalam bahasa inggrisnya EYE . kesehatan mata itu penting loo sob. Kalo kesehatan mata kita terganggu dapat menyebabkan kebutaan,atau yang masih ringan seperti rabun dekat, rabun jauh, rabun senja, mata berair, mata merah, apa lagi dengan yang namanya KATARAK. Bisa bahaya tuh. 
Rabun jauh atau presbiopi di akibatkan oleh lensa mata terlalu cembung atau garis tengah mata memanjang, jika lensa mata kita sudah terganggu maka bayangan yang jatuh ke lensa mata Mengakibatkan mata menjadi kurang focus, karena lensa mata berfungsi untuk meneruskan dan menfokuskan bayangan yang jatuh ke lensa mata. Begitu juga dengan rabun dekat, rabun senja. Akibatnya penderita harus memakai kaca mata yang berlensa sesuai dengan rabun yang di deritanya. Rabun pun juga dapat di akibatkan oleh aktifitas sehari-hari terutama alat elektronik . hp juga termasuk akibatnya, karena sinar yang terpancar dari hp yang selalu sobat-sobat spaga mainkan dapat mengurangi kefokusan lensa mata. Menonton TV juga begitu, bisa karena terlalu sering nonton, atau jarak mata ke TV terlalu dekat.
Jadi, kesimpulan berkes kali ini adalah sobat-sobat spaga semuanya harus selalu menjaga kesehatan mata. Ni ada beberapa tips lagi buat menjaga kesehatan mata :
1.       Beristirahatlah yang cukup
2.       Jika ada waktu luang sempatkan lah diri sobat merefreshingkan mata dengan  cara meletakkan timun atau wortel di kelopak mata saat tidur
3.       Makan lah makanan atau buah-buahan yang mengandung serat dan vitamin yang tinggi
 Bagaimana sobat-sobat spaga? dengan selalu membaca, kita dapat mengetahui berbagai penyakit dari BERKES UKS SPENGA . sampai di sini dulu ya BERKES kali ini. Sampai jumpa di edisi berikutnya.